KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU GIZI

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Penyusunan kurikulum PSMIG FK Undip mengacu pada visi dan misi program studi dengan melibatkan mahasiswa, dosen, alumni, dan stakeholder, yaitu pengguna lulusan dari institusi pendidikan, rumah sakit, dinas kesehatan, puskesmas dan industri dan asosiasi profesi yaitu Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

Kurikulum PSMIG FK UNDIP dibuat berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sesuai Perpres Nomor 8 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2015 mengenai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) tahun 2015, yang diperbarui dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) serta masukan dari Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia (AIPGI).

Profil Lulusan

1. Educator
Mampu mengembangkan dan melakukan komunikasi, informasi dan edukasi gizi, baik di tingkat individu, kelompok maupun masyarakat berdasarkan masalah.
2. Manager
Memiliki jiwa kepemimpinan (leadership), mampu menganalisis berbagai permasalahan gizi dan membuat rekomendasi-rekomendasi kebijakan gizi untuk memecahkan berbagai permasalahan gizi serta mengelola program pendidikan, pelatihan dan pelayanan gizi.
3. Researcher
Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Gizi berbasis molekuler melalui penelitian, serta mempublikasikan hasilnya dalam forum maupun jurnal ilmiah.

Capaian Pembelajaran

SIKAP
A1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius
A2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
A3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
A4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
A5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
A6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
A7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
A8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
A9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
A10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

PENGETAHUAN (KOGNITIF)
K1. Mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi yang berbasis molekuler melalui penalaran dan Penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, inovatif dan teruji.
K2. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi melalui penelitian ilmiah, yang disusun dalam bentuk tesis

KETERAMPILAN UMUM

PU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
PU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
PU3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora
sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
PU4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
PU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
PU6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
PU7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
PU8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, mampu mengelola pembelajaran secara
mandiri
PU9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETERAMPILAN KHUSUS (PSIKOMOTORIK)

PK1. Mampu merencanakan dan melakukan penelitian berbasis molekuler di bidang gizi yang inovatif dan teruji sebagai dasar pengembangan pengetahuan dan teknologi serta mempublikasikannya pada jurnal ilmiah nasional yang terakreditasi atau internasional.
PK2. Mampu memecahkan masalah ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi terkait pangan dan kesehatan dalam Sistem Kesehatan dan Sistem Ketahanan Pangan dan Gizi Nasional melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
PK3. Mampu berperan sebagai tenaga ahli untuk memecahkan masalah gizi sebagai akademisi dan peneliti di bidang gizi melalui pendekatan inter atau multidisipliner

Struktur Kurikulum

Magister Ilmu Gizi By Course
a. Masa tempuh studi

  1. Lama tempuh studi 2 tahun atau 4 semester.
  2. Studi dirancang sampai semester
  3. Pembuatan proposal tesis dapat dimulai pada semester 2, melekat pada salah satu mata kuliah Pengembangan Proposal.
  4. Penunjukkan pembimbing Tesis pada awal semester 2.

b. Beban SKS
Total SKS yang harus ditempuh sebanyak 40 sks

  1. Matakuliah wajib Program Studi 20 sks
  2. Matakuliah wajib konsentrasi 6 sks
  3. Matakuliah pilihan konsentrasi 4 sks
  4. Mata kuliah tugas akhir dan publikasi 10 sks
    Total 40 sks

c. Konsentrasi
Terdapat 2 (dua) konsentrasi, yaitu:

  1. Konsentrasi Gizi Klinik
  2. Konsentrasi Gizi Masyarakat

 

Magister Ilmu Gizi By Research
a. Masa tempuh studi

  1. Lama tempuh studi 2 tahun atau 4 semester.
  2. Studi dirancang sampai semester 4.
  3. Mahasiswa diharapkan sudah melakukan komunikasi tentang proposal penelitian dengan calon dosen pembimbing sebelum penerimaan mahasiswa baru dilakukan. Sehingga pada program ini Letter of Aceeptance (LoA) dari calon dosen pembimbing menjadi salah satu prasyarat penerimaan mahasiswa.

b. Beban SKS
Total SKS yang harus ditempuh sebanyak 40 sks

  1. Matakuliah wajib Program Studi 5 sks
  2. Matakuliah pilihan 2 sks
  3. Matakuliah penelitian 26 sks
  4. Publikasi 7 sks
    Total 40 sks
Daftar Mata Kuliah Program Studi Magister Ilmu Gizi (By Course)

Mata Kuliah Wajib Program Studi

  1. P-DIG-8-110 Filsafat Ilmu dan Bio Etika
  2. P-DIG-8-111 Metodologi Penelitian
  3. P-DIG-8-120 Pengembangan Proposal
  4. P-DIG-8-112 Ilmu Gizi Lanjut
  5. P-DIG-8-113 Metabolisme Zat Gizi Makro dan Mikro
  6. P-DIG-8-114 Penilaian Status Gizi (P)
  7. P-DIG-8-115 Epidemiologi Gizi
  8. P-DIG-8-116 Gizi Molekuler
  9. P-DIG-8-121 Biostatistik Lanjut (P)
  10. P-DIG-8-123 Promosi Gizi

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Gizi Masyarakat

  1. P-DIG-8-124 Ekonomi dan kebijakan pangan
  2. P-DIG-8-125 Perencanaan Program Gizi Lanjut (P)
  3. P-DIG-8-117 Masalah Gizi Masyarakat

Mata Kuliah Wajib Konsentrasi Gizi Klinik

  1. P-DIG-8-118 Patogenesis Penyakit Gizi
  2. P-DIG-8-126 Asuhan Gizi pada Pasien Dewasa dan Geriatri
  3. P-DIG-8-127 Asuhan Gizi pada Pasien Anak

Tugas Akhir dan Publikasi

  1. P-DIG-8-130 Seminar Proposal thesis
  2. P-DIG-8-131 Penulisan tesis
  3. P-DIG-8-132 Seminar hasil Penelitian
  4. P-DIG-8-133 Publikasi

Mata Kuliah Pilihan

  1. L-DIG-8-000 Mikrobiota Saluran Cerna
  2. L-DIG-8-001 Gizi pada pasien berkebutuhan khusus
  3. L-DIG-8-002 Gizi Tumbuh Kembang
  4. L-DIG-8-003 Pengembangan produk pangan intervensi gizi
  5. L-DIG-8-004 Gizi Bencana
  6. L-DIG-8-005 Gizi Olah Raga
  7. L-DIG-8-006 Analisis dan Aplikasi Molekuler (P)
  8. L-DIG-8-007 Gizi Aging
  9. L-DIG-8-008 Pangan Fungsional dan Nutrasetikal (P)
  10. L-DIG-8-009 Keamanan Pangan
  11. L-DIG-8-010 Eco-marine Nutrition
  12. L-DIG-8-011 International Research Course
Daftar Mata kuliah Program Studi Magister Ilmu Gizi (By Research)

Mata Kuliah Wajib Program Studi

  1. P-DIG-8-210 Metodologi Penelitian
  2. P-DIG-8-211 Pengembangan Proposal
  3. P-DIG-8-212 Ujian Propsal
  4. P-DIG-8-220 Penelitian I (Progress report I)
  5. P-DIG-8-230 Penelitian II (Progress report II)
  6. P-DIG-8-231 Seminar Hasil
  7. P-DIG-8-240 Publikasi
  8. P-DIG-8-241 Tesis

Mata Kuliah Pilihan

  1. L-DIG-8-0.. Mata Kuliah Pendamping Tesis